A. Hambatan Informasi bagi Pengambil Keputusan
Dalam membuat keputusan sering dijumpai hambatan-hambatan yang disebabkan oleh rendahnya kualitas informasi. Informasi yang tersedia tidak akan mendukung proses pengambilan keputusan apabila terjadi hal-hal berikut :
1. Infromasi tidak akurat/salah.
2. Informasi tidak diteruskan atau ditutupi.
3. Informasi sulit dikumpulkan.
4. Informasi sulit ddicari.
5. Informasi tidak jelas kebenarannya atau sulit dikonfirmasi.
6. Sistem penyimpanan tidak jelas.
7. Informasi yang dibutuhkan tidak diketahui.
8. Kurang bertanggung jawab dalam mengumpulkan informasi.
9. Informasi penting atau rahasia bocor kepada pihak lain.
10. Dana terbatas.
B . Input, Proses, Output, dan Pengendalian Informasi
Setiap open system, termasuk didalamnya organisasi/perusahaan, memiliki input, proses, output, dan pengendalian. Dalam sistem informasi manajemen, keempat aspek tersebut dapat dikenali dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, misalnya sebagai berikut ;
1. Input
a. Keputusan apa yang akan dibuat?
b. Data apa yang dibutuhkan untuk menghasilkan keputusan?
c. Informasi apa yang dibutuhkan untuk mendukung pembuatan keputusan?
d. Berapa banyak informasi yang dibutuhkan?
e. Dalam bentuk apa informasi tersebut diperoleh?
f. Siapa yang bertanggung jawab untuk mengolah informasi tersebut?
g. Dari siapa/dari mana informasi tersebut diperoleh?
h. Bagaimana cara mendapatkan informasi tersebut?
2. Proses
a. Bagaimana cara membuat informasi tersebut?
b. Bagaimana cara mengumpulkan informasi tersebut?
c. Bagaimana cara memproses informasi tersebut?
d. Bagaimana cara mereka informasi tersebut?
e. Bagaimana cara mendistribusikan informasi tersebut?
f. Bagaimana cara mengembangkan pendistribusian yang efektif dan efisien?
g.
3. Output
a. Informasi seperti apa yang dihasilkan?
b. Kapan informasi tersebut dihasilkan?
c. Dalam bentuk apa informasi tersebut dihasilkan?
d. Bagaimana cara mengintegrasikan informasi yang diperoleh dan bagaimana cara menyimpulkan informasi tersebut untuk mencapai tujuan?
e. Bagaimana kualitas informasi yang dihasilkan?
f. Puaskah para pengguna informasi dengan informasi yang dihasilkan?
4. Pengendalian
a. Bagaimana kualitas pegambilan keputusan yang dibuat?
b. Sejauh mana informasi yang dihasilkan mendukung kualitas pengambilan keputusan?
c. Apakah keputusan yang diambil sudah sesuai dengan harapan dan logis?
d. Bagaimana para pengolah informasi mempertanggungjawabkan tugas yang diberikan?
e. Apakah ada masalah atau penyimpangan yang timbul selama terjadi input, proses, atau output?
f. Dari manakah masalah atau penyimpangan tersebut timbul?(dari grup, personal, departemen, divisi, organisasi secara keseluruhan, atau luar organisasi)
g. Bagaimana cara melakukan koreksi atau revisi tersebut dilakukan?
h. Kapan koreksi atau revisi tersebut dilakukan?
i. Bagaiman bentuk dan pendistribusian informasi yang dapat menjamin rahasia atau keamanan informasi?
j. Berapa banyak pengeluaran yang dibutuhkan untuk menghasilkan informasi?
k. Sejauh mana sistem dan prosedur kantor dapat mendukung kualitas informasi dan pengambilan keputusan?
l. Bagaimana pengklasifikasian sistem informasi?
m. Apakah perlu melakukan cross check dengan sumber lain? Bagaimana hal tersebut dilakukan?
n. Bagaimana kemampuan pegawai dalam menganalisis informasi? Apakah perlu dikembangkan lagi?
o. Apakah sistem informasi manajemen yang ada dapat meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan?
p. Apakah perlu sistem informasi manajemen tersebut dikembangkan lagi? Bagaimana cara mengembangkannya?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar